Parental Control Sangat Penting dan Ini Aplikasinya


Penting untuk mengingatkan anak-anak dan mengajari mereka untuk menggunakan internet dengan aman. Oleh karena itu, orang tua harus memantau dan mencegah anak mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya. Salah satu upaya orang tua untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak dapat dilakukan dengan menggunakan fitur parental control.

Memahami Kontrol Orang Tua

Parental Controls adalah perangkat lunak atau alat yang memungkinkan orang tua untuk memantau dan mengatur penggunaan Internet anak-anak mereka.

Saat ini, banyak anak yang akrab dengan internet sejak usia dini. Yang mengkhawatirkan, banyak konten atau informasi di Internet yang tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak.

Belum lagi ada kejahatan online yang menyasar anak di bawah umur, sehingga orang tua harus mencegah anaknya bermain gadget. Salah satunya adalah melalui kontrol orang tua.

Cara ini dinilai sebagai salah satu cara terbaik dan efektif untuk mencegah anak mengakses konten berbahaya.

Aplikasi kontrol orang tua yang direkomendasikan untuk ponsel cerdas

Ada beberapa aplikasi parental control Android terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mendukung peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget untuk anak kecil.

Qustodio

Selain di handphone, Qustodio juga bisa digunakan di komputer, laptop atau tablet. Ada banyak aplikasi yang dapat dikonfigurasi dan dibatasi dengan Qustodio. Anda juga dapat membatasi waktu di ponsel Anda atau permainan yang dapat dimainkan anak Anda. Qustodio juga memungkinkan Anda untuk memantau dan memfilter berbagai panggilan dan pesan masuk di ponsel anak Anda.

Keluarga Norton

Perusahaan keamanan online terkemuka Norton juga memiliki aplikasi kontrol orang tua di Android. Sebuah aplikasi bernama Norton Family Online dapat digunakan untuk memantau dan membatasi aktivitas online anak-anak, termasuk memblokir akses ke situs web yang tidak pantas.

Aplikasi parental control ini juga dapat digunakan untuk mengatur waktu layar dan melacak riwayat atau jejak online anak-anak, seperti melacak situs web mana yang telah mereka kunjungi.

Jika ada sesuatu yang mencurigakan, seperti upaya mengakses situs porno, aplikasi Norton Family Online mengirimkan pemberitahuan ke perangkat yang digunakan orang tua.

Kaspersky Safe Kid

Seperti Qustodio, Kaspersky Safe Kid juga bisa digunakan di komputer atau tablet. Dibandingkan program parental control terbaik lainnya, Kaspersky Safe Kid memiliki harga termurah dengan kualitas bersaing.