Dampak Buruk Dari Segar Dan Manisnya Minuman Soda

Minuman bersoda sudah pasti tidak asing lagi di telinga anak-anak muda jaman sekarang yang suka duduk dan kumpul-kumpul di cafe. Kita semua pasti tahu jika minuman soda jika di konsumsi akan sangat menyegarkan dan manis di mulut, terlebih lagi jika di minum pada saat siang hari yang panas.

Soda biasanya akan di minum hanya sebatas untuk melepas dahaga saja. Tapi jika di minum dalam jumlah yang banyak atau berlebihan soda tentu saja akan  memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan.

Kenapa kami bisa mengatakan jika minum soda berlebihan bisa mengakibatkan hal yang buruk bagi kesehatan? Berikut ini ada beberapa penjelasannya untuk kamu pahami.

1. Menaikkan resiko obesitas

Kamu percaya tidak jika minuman bersoda dapat menaikkan berat badan? Menurut para ahli, mengungkapkan bahwa individu yang mengkonsumsi minuman soda akan menerima asupan kalori lebih banyak 17 persen dari asupan biasanya.

Tak perlu heran lagi jika seseorang yang mengkonsumsi minuman soda dan manis secara berlebih dan keseringan dapat meningkatkan berat badan lebih cepat dari pada orang yang jarang meminum soda. Kenaikan berat badan yang tidak ter kontrol akan menyebabkan obesitas.

2. Merusak gigi

Musuh terbesar dari gigi adalah makanan dan minuman manis, itu juga berlaku untuk minuman soda. Soda memiliki kandungan asam karbonat dan asam fosfat yang akan menciptakan senyawa asam yang kuat dalam mulut. Seiring berjalannya waktu, gigi yang ada dalam mulut akan semakin mudah untuk rusak dan membusuk.

Hal yang merusak gigi bukan hanya di sebab kan oleh zat asam saja, tapi kandungan gula yang ada dalam soda juga sangat tinggi sehingga dapat merusak gigi. Kandungan gula dalam soda yang tinggi dapat memberikan energi tambahan yang mudah di cerna oleh bakteri jahat dalam mulut.

3. Meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2

Bukan informasi baru lagi jika minuman yang mengandung kadar gula tinggi bisa menaikkan resiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini juga ada kaitannya dengan soda yang memiliki kandungan fruktosa yang sangat banyak dan bisa mempengaruhi resistensi insulin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *