Cara Mengatasi Nasi Cepat Basi

Nasi merupakan makanan pokok orang Asia, apapun lauk / sayurnya tetap cocok di makan bersama nasi. Orang Indonesia sering mengatakan, kalau belum makan nasi hari ini itu belum terasa makan . Di Indonesia sendiri banyak makanan yang berasal dari nasi seperti nasi ayam, nasi bakar, nasi liwet dan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memasak nasi yang pulen yang tahan lama dan tidak cepat basi.

Nasi yang pulen tidak bisa didapatkan dengan asal – asalan tentu harus melalu proses yang tepat dan benar. Bukan seperti anak kos yang asal mencuci beras, menirisnya dan memasukkan air lagi lalu memasaknya di rice cooker hingga masak. Jadi, cara yang benar dalam memasak nasi agar hasilnya menjadi pulen itu gimana ?.

Nasi yang telah matang di anggap akan bertahan lebih lama dan menjadi pulen jika di taruh di dalam penghangat. Tetapi, biasanya nasi yang ditaruh di rice cooker, malah menjadi kering dan berubah warna menjadi agak kekuningan lalu mengeluarkan bau dan menjadi basi.

Untuk mendapatkan nasi yang pulen dan tidak terlalu cepat menjadi basi. cara yang tepat yaitu menambah hasil perasan jeruk nipis pada rice cooker yang telah di isi dengan beras yang sudah siap untuk di masak. Untuk lebih detailnya yaitu, pertama cuci beras hingga bersih, lalu taruhlah air sesuai dengan takaran yang pas dan terakhir masukkan 2 sendok makan perasan jeruk nipis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *