Ancaman kesehatan Saat Lebaran Yang Paling Umum terjadi

Umat beragama muslim biasanya setelah menyelesaikan puasa ramadan yang dijalankan selama satu bulan penuh, kemudian akan merayakan Idulfitri. Di negara kita tercinta ini, biasanya tradisi Lebaran atau Idulfitri akan di langsungkan dengan sangat meriah, contohnya saja pesta makanan, mengunjungi saudara-saudara dan kerabat, mudik, bersalam-salaman, dan masih banyak lagi cara orang-orang untuk memeriahkan hari lebaran.

Sayangnya, tradisi yang sudah di langsungkan sejak lama ini terkadang akan membuat kesehatan menjadi sedikit terganggu untuk sebagian orang. Ancaman kesehatan terkadang memang tidak memandang tempat dan waktu. Berikut ini ada beberapa penyakit yang paling banyak di temui menyerang masyarakat saat acara lebaran. Kamu wajib tahu agar bisa menghindarinya ya.

1. Hipertensi atau darah tinggi

Hipertensi atau yang biasa disebut dengan tekanan darah tinggi ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi tubuh, sebab jantung yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh akan di buat bekerja lebih keras dan berpengaruh terhadap pengerasan pembuluh darah, penyakit ginjal, gagal jantung, dan stroke.

Ada beberapa faktor penyebab  tekanan darah tinggi bisa terjadi mulai dari pola diet yang tidak tepat, mengkonsumsi banyak daging, gula, garam, kulit ayam, dan lain sebagainya. Saat lebaran ancaman tekanan darah tinggi akan lebih besar, sebab pada saat lebaran biasanya masyarakat akan membuat tradisi masak-masak dalam jumlah yang banyak dan semua makanan yang di hidangkan sudah pasti akan tinggi garam, gula dan serba daging pastinya.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu bisa pintar-pintar mengatur makanan yang masuk kedalam tubuh kamu agar tidak berlebihan.

2. Diare

Saat seseorang mengalami penyakit pencernaan seperti diare biasanya akan mengalami gejala buang air besar terus-terusan. Menurut laman kesehatan, diare yang terjadi biasanya di sebabkan oleh virus yang masuk kedalam pencernaan. Pada dasarnya, diare bisa terjadi karena pola makan yang tidak benar dan tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, makan terlalu pedas, hingga keracunan makanan.

Untuk mencegah ini terjadi saat lebaran, kamu wajib membersihkan tangan sebelum dan sesudah makan, menghindari makanan yang terlalu pedas, dan tidak sembarangan mengkonsumsi makanan.

Nah, itulah dua di antara banyaknya penyakit yang dapat mengancam kesehatan kamu saat di lebaran nanti. Kamu wajib waspada ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *