Daftar Makanan Tinggi Serat Yang Mudah di Jumpai

Seperti yang di ketahui serat merupakan komponen yang sangat di butuhkan oleh tubuh, terutama untuk membantu fungsi kerja pencernaan. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat bukan hanya bagus untuk mencegah penyakit-penyakit kronis, tetapi juga bisa membantu anda untuk menurunkan berat badan.

Dan untuk mendapatkan serat tidaklah sulit sebab kamu bisa menjumpai nutrisi yang satu ini hampir di setiap makanan. Lalu apa saja rekomendasi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi?

Berbagai makanan yang tinggi serat serta mudah di dapatkan

Menurut angka gizi yang di tetapkan kementerian kesehatan, pria dewasa memerlukan nutrisi berupa serat sekitar 38 gram. Sedangkan untuk wanita dewasa memerlukan 30 gram serat per harinya. Berikut ini adalah contoh makanan-makanan yang tinggi akan serat yang di susun berdasarkan kelompoknya.

1. Buah-Buahan tinggi serat

Dasarnya semua buah memiliki kandungan serat di dalamnya, akan tetapi terdapat beberapa buah yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dari buah-buah lainya. yaitu :

  • Apel, apel memiliki kandungan serat sebanyak 4,4 gram untuk ukuran apel berukuran sedang.
  • Alpukat, meski buah yang satu ini bisa menjadi sumber lemak baik dalam tubuh nyatanya buah yang satu ini juga memiliki kandungan serat sebanyak 6,7 gram untuk 100 gram alpukat.
  • Pir, buah yang hampir mirip dengan apel ini ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yaitu 5,5 gram serat untuk satu buah pir yang berukuran sedang.

2. Sayur-Sayuran tinggi serat

Sayur juga sama dengan buah, semua jenis sayur bisa menjadi sumber serat untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Berikut contoh sayuran yang tinggi akan serat.

  • Bayam,untuk 100 gram bayam kamu bisa menemukan 2,2 gram serat di dalamnya.
  • Brokoli, untuk jenis sayuran satu ini kamu bisa menjumpai 2,6 gram serat per 100 gram brokoli.
  • Wortel, merupakan sayuran yang tumbuh seperti umbi-umbian. Dalam 1 gelas wortel terdapat 3,4 gram serat.

3. Kacang-Kacangan tinggi serat

Ternyata kamu juga bisa menemukan serat dalam kacang-kacangan dan berikut ini kamu bisa mencoba beberapa jenis kacang-kacangan ini.

  • Kacang almond, almond menjadi salah satu kacang yang paling banyak di gemar sebab almond mengandung 3,5 gram serat untuk 23 butir kacang almond tersebut.
  • Kacang merah, dalam kacang merah kita bisa menjumpai serat sekitar 7 gram dalam 100 gram kacang merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *