Urut bukan solusi utama untuk cedera sendi.

Cedera sendi, biasanya yang terpikirkan dalam benat kita untuk pertolongan pertamanya adalah dengan cara di urut. Dengan urut kita juga mengharapkan bahwa dapat segera memulihkan sendi-sendi yang bermasalah.

Menurut dokter umum dan kepala Unit Emergency RS Pondok Indah, Felix Samuel, menjelaskan bahwa penanganan dengan cara di urut itu keliru.

Menurutnya, jika cedera sendi, jangan langsung diurut karena akan memicu pembengkakan yang lebih. Penanganan pertama adalah dengan cara mengkompreskan air dingin / air es pada area yang mengalami cedera.

Dengan kompres air dingin/ es ini bertujuan untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan juga rasa nyeri.

Dengan konpres air dingin ini pembuluh darah ini akan mengecil sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri, tepatnya media untuk kompres adalah kain.

Seseorang yang mengalami cedera sendiri juga harus beristirahat dengan baik demi memulihkan cedera tersebut. Dalam upaya ini mengangkat kaki yang sedang cedera ini, atau bahkan sekedar keseleo dapat menjadi hal yang baik.

Dengan mengangkat kaki, lalu diganjal dengan sebuah bantalan yang lebih tinggi membuat posisi kaki menjadi lebih tinggi dari badan, tujuannya adalah membuat sendi lekas pulih.

Cedera sendi dapat menyebabkan banyak hal seperti fungsi sendi yang terganggu, ligamen, otot, syaraf, tendon, dan tulang belakang. Jenis cedera sendi yang paling sering terjadi diakibatkan oleh terpleset, terjatuh hingga terkilir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *