ketahui yuk.. mual dan sakit perut mendadak

ketahui yuk.. mual dan sakit perut mendadak

masbro dan sista sekalian pasti pernah merasakan perut tiba-tiba mulas atau mual. Bukan mulas akibat lapar atau kebelet BAB. Ataupun mual akibat asam lambung. Melainkan akibat gugup, kaget, maupun gelisah. Pasti pernah, kan?

Hal tersebut tentu sangat tidak nyaman, kan? Begitu mengagetkan seperti mantan yang menikah duluan.

Perut Tiba-Tiba Mulas Saat Gugup? Ini Dia Penyebabnya
APAAA?!!!

Lalu apa penyebab mulas dan mual yang datang tak diundang pergi tak diantar tersebut?

Begini broSis. Tubuh kita memproduksi buanyak sekali hormon. Nah, hormon yang bertanggung jawab atas mulas serta mual yang tak menyenangkan itu adalah katekolamin dan adrenalin yang ada dalam darah.

Kedua hormon tersebut fungsinya untuk menyiapkan tubuh. Menyiapkan pegimane? Maksudnya ketika tubuh merasa mendapat ancaman, tubuh kita bakal bekerja lebih keras untuk menghadapinya.

Hanya saja, ketika salah satu pihak membuat tubuh bekerja lebih keras, di sisi lain terdapat fungsi yang terjadi secara bersamaan. Yakni beberapa sistem tubuh mesti beristirahat karena kurang berperan dalam melindungi diri dari ancaman. Salah satunya sistem pencernaan.

Hormon tersebutlah yang pada akhirnya membuat kadar asam dan enzim jadi tidak teratur dan kacau. Inilah penyebab rasa mulas dan mual itu muncul.

Selain itu, beberapa otot juga bakal bereaksi dan kontraksi. Jadi mengencang seperti cinta yang baru bersemi. Heuheu.

Perut Tiba-Tiba Mulas Saat Gugup? Ini Dia Penyebabnya

Salah satu otot yang berkontraksi adalah otot perut. Otot tersebut bakal mengencang. Akibatnya perut mendapat tekanan. Sehingga kadang mulas mendadak tersebut diiringi sensasi seperti rasa ingin muntah. Padahal tidak.

Namun jangan khawatir, GanSis. Ancaman yang dimaksud di sini bukanlah ancaman secara fisik, melainkan ancaman psikologis yang datangnya tidak dapat diduga-duga. Jadi, reaksi mulas yang kadang dirasakan ketika gugup sejatinya adalah reaksi spontan dari tubuh.

Karena spontan, tentu kita tidak dapat mencegah, bukan? Tenang saja. Ini normal, kok.

Nah, meski tidak dapat dihindari, namun sebenarnya bisa diatasi, loh.

Biasanya, mual yang muncul akibat rasa gugup sangatlah tidak menyenangkan. Mengganggu dan tentu saja bikin tidak fokus. Yang ada rasa gugup jadi bertambah karena takut tiba-tiba muntah. Betul?

Yaps, segini dulu trit yang bisa ane share untun masbro dan sista yang budiman. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *